Selasa, 17 Agustus 2010

Kado Spesial Ramadhan

Ramadhan bulan yang suci akhirnya menyapa kita kembali. Bulan yang mulia, penuh berkah, bertabur pahala dan lipatan ganjaran kebaikan. Sudah selayaknya kita sambut dengan senang dan gembira. Kita sambut dengan penuh rasa syukur dan keikhlasan kepada Allah SWT, yang masih member kita kesempatan untuk bertemu kembali dengan bulan penuh ampunan ini. Bukan disambut dengan hura-hura, menyulut petasan dan kembang api, apalagi kalo hal itu sampai menggangu orang lain, wah bias-bisa ramadhan bukannya nambah pahala, tapi nambah dosa, mau?!


Bikin Ramadhanmu Berarti
Nggak bisa dipungkiri kalau ramadhan itu berkesan banget bagi setiap umat muslim. Ada yang berkesan karena dibulan karena dibulan ramadhan itu daftar menu makanannya dirumah jadi lebih special. Atau buat anak kos (biasanya laki-laki) yang jauh dari orang tua bisa lebih menghemat biaya, karena selama satu bulan buka puasa en sahurnya di masjid. Tapi nggak semua loh yang berkesan seperti itu. Malah ada pula yang ngerasa tersiksa dengan datangnya bulan ramadhan karena mmesti puasa selama satu bulan penuh, belum lagi kodo taraweh. Gubrak !!! itu she namanya terpaksa, ngga ikhlas, bisa-bisa puasa en ibadah tarawehnya ngga dinilai apa-apa sama Allah, rugi banget dong.
Kata rasulullah tercinta dalam khutbahnya tentang ramadhan :
“Wahai manusia! Sungguh telah dating kalian bulan Allah dengan membawa berkat, rahmat da magfirah. Bulan paling mulia di sisi Allah. Hari-hari nya adalah hari paling utama. Malam-malamnya adalah malam yang paling utama. Jam-demi jamnya adalah jam-jam yang paling utama. Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tamu Allahdan dimuliakanNya. Dibulan ini nafasmu menjadi tasbih, tidurmu adalah ibadah, amal-amalmu diterima, dan doa-doamu diijabah.”
Tuh, Rasulullah tercinta kita udah jelas bangetngejelasin gimana kemuliaan bulan ramadhan. Jadi rugi banget deh kalo ngga manfaatin dengan benar-benar bulan yang special ini. Nggak ada yang ngejamin kan kalo tahun depan kita masih ada? Makanya manfatin denga benara ramadhan tahun ini, mari berlomba-lomba beramal sholeh. Biar tabungan pahala kita makin nambah.

Jangan Sampai Pahalamu Terbang Begitu Saja…
Eits, dibulan ramadhan emang gampang bangat dapat pahala, tapi kudu diingat, kalau kamu menodai ramadhanmu dengan aktifitas-aktifitas yang dilarang sama syariat islam, bisa-bisa pahala kamu terbang begitu saja. Hasilnya Cuma dapat haus sama lapar. Misalnya saja nggak sadar ngomongin orang. Bisa nahan haus sama lapar, belum tentu bisa lepas dari ngomongin orang. Atau diantara remaja yang janjian taraweh sama pacar. Aneh banget dilihatnya, ceweknya pake kerudung, cowoknya pake baju koko, jalan berdua ke masjid, padahal jelas-jelas mereka bukan muhrim. Itulah yang disebut kebaikan yang dicampur dengan kebathilan. Kalau es campur dikasih susu mah enak. Tapi kalo susu dicampur air comberan, mau? Atau bilang taraweh sama ortu di sabilal, eh malah nangkring di pantai jodoh. Hehehe. Bukan nya nuduh lho, tapi emang berdasar fakta. Sungguh sobat, kamu bakalan nyesel bangat kalau nggak manfaatin bulan ramadhan kali ini dengan sebaik-baiknya. So, jangan sampai ramadhan kali ini berlalu begitu saja dan baru nyesel ketika ramadhan udah selesai.
Rasulullah bersabda: “Betapa banyak orang yang berpuasa, tapi mereka tidak mendapatkan apa-apa dari puasana iu kecuali lapar dan dahaga.” (HR.AHMAD)

Ramadhan Bukan Bulan Buat Taubat Sementara…

Banyak yang bilang kalau di bulan ramadhan itu bulan yang suci, jadi kudu menghormati. Lihat deh ditelevisi, banyak artis biasanya pakai baju u can see, pas bulan ramadhan jadi pakae kerudung en pake busana muslimah. Yang biasanya beringas, jadi tambah kalem. Atau kalo yang biasanya sering jalan berdua sama pacarnya, selama bulan ramadhan dikurangi intensitas ketemuannya. Hallowww… yang namanya buka aurat, sering ketemu sama pacar ataupun enggak, yang mananya haram ya tetap haram. Nggak peduli dibulan ramadhan ataupun dibulan yang lain. Sangat bis dirasakan bahwa pemahman masyarakat tentang islam saat ini benar-benar dangkal. Mereka menganggap islam hanya ibadah saja yang bisa dilakuin pas bulan ramadhan saja, atau ketika menghadiri kegiatan dan acara islami. Lepas dari sana kembali buka-bukaan aurat. Kerudug dan busana muslimah hanya dijadikan tren mode semata. Tanpa ada kesadaran penuh untuk tunduk kepada perintah Allah . maka jangan heran kalau sering dijumpai cewek-cewek yang berkerudung, eh malah jalan berdua sama pacarnya padahal jelas-jelas bukan muhrim atau malah pergi kediskotik dengan kerudung yang nempel dikepala. Parah bangetzzz…!!! Islam KTP makin menjamur di tengah masyarakat. Anehnya, ada yang dengan santai bilang “Gue kan cuman islam KTP, jadi wajarlah kalo gue ngelakuin dosa, hehe…”. Gubrak…! Udah salah, ketawa lagi. Dia benar-benar lupa kalau ada ari penghisaban atas semua amal perbuatannya suatu saat nanti, dan itu pasti.

Untuk Kita Berbenah Diri…
“Hai orang-orang yang beriman, diwajiban atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. Al-Baqarah [2]:183)
Nah sobat, berdasarkan ayat di atas. Ramadhan itu adalah ajang buat menempa diri kita agar mampu maningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah. Yang tadinya shalat kita bolong-bolong, dibulan ramadhan kita belajar untuk meningkatkannya supaya nggak bolong-bolong lagi. Atau buat cewek yang nutup auratnya belum sempurna, inilah saatnya yang tepat untuk berbenah diri menjadi pribadi muslimahyang lebih baik. Bukan berubah menjadi lebih baik pada saat ramadhan saja, yang namanya shalat 5 waktu, nutup aurat sesuai syariat islam, tunduk dan taat terhadap hukum-hukum syara’ Allah itu tetap wajib. Ngak peduli bulan ramadhan maupun tidak. Karena nggak ada tuh yang namanya pemisahan agama dari kehidupan alias sekularisme. Islam mengatur seluruh kehidupan manusia, disetiap tempat da waktu. Yang akan menjadikan manusia memiliki pribadi islam yang luar biasa.
Oke deh sobat, sekarang udah jelas kan kalau Ramadha itu bulan buat taat sementara, tapi Ramadhan itu ajang untuk menempa kamu manjadi pribadi muslim yang lebih baik, sekarng atau 50 tashun lagi (hehe..nyontek lirik lagu). Yuk kita isi ramadhan kali ini dengan banyak beramal.

Tidak ada komentar: